Oleh: Harits Al-Fharizi | 3 Maret 2010

LAWAN KATA


Suatu hari disebuah kelas seorang guru akan memulai aktifitas kegiatan belajar-mengajarnya. Mao tauk serunya?
Guru (G): Sulamat pagi anak-anak…
Murid 1&2 (M): Selamat pagi pak Guru…
G: Ok anak-anak…sebelum memulai pelajarannya pak guru akan mengabsen kalian satu persatu…roni…
M: Roni sakit, pak…(jawab kompak)
G: sakit apa dia?
M: katanya panuan, pak..
G: hayah…Ira?
M: Ira nggak masuk pak…
G: kenapa lagi dia?
M: kucing kesayangannya melahirkan, pak…
G: huh….ada-ada ajah…jono?
M: jono nggak masuk,pak..
G: lha yang ini kenapa?
M: itu pak…tadi katanya dia ngambek nggak mao sekulah gara-gara nggak dikasih uang jajan sama bapaknyah…
G: tobat biyung….aya-aya wae…dari dulu kok murid nyang mansuk cuman kalian berdua..paijo…painem…ya sutralah…Ok ana-anak pelajaran kali ini adalah pelajaran bahasa, kita akan membahas tentang antonim. Antonim adalah perlawanan kata, jadi anak-anak…setiap kata di dunia ini ada lawannya…contohnya ada gemuk lawan katanya kurus…tua lawan katanya muda…nah sekarang pak guru mau nyebutin kata nanti kalian cari lawan katanya yach…pokoknya setiap apa yang pak guru katakan kamu carikan lawan katanya dan siapa aja yang ga bisa jawab maka nilai bahasa Indonesianya akan mendapat nilai buruk, Ok…yang pertama lawan kata panjang?
M: pendek
G: tinggi?
M: rendah
G: pria
M: wanita
G: kanan..
M: kiri
G: ha hah hah ha…sekarang makan
M: ha hah hah ha…sekarang lapar (seharusnya minum)
G: lho..lho..kok lapar
M: lho..lho..kok makan
G: itu salah..itu
M: ini bener..ini
G: itu salah…bukan lapar
M: ini bener…bukan makan
G: eh..kamu salah, bodoh !!!
M: eh..kamu bener, pinter !!!
G: yang bener dong !!!
M: yang salah dong !!!
G: yang pada bener !!!
M: yang pada salah !!!
G: murid-murid..!!!
M: guru-guru…!!!
G: dengarin..dengarin !!!
M: cuekin..cuekin..!!!
G: bisa diem gak..!!!
M: bisa ramai gak !!!.
G: ini bukan pertanyaan, bodoh !!!
M: ini jawaban, pinter..!!!
G: jangan kurang ajar kamu !!!
M: jangan manut kamu !!!
G: sudah..sudah..!!!
M: belum..belum..!!!
G: sudah cukup…cukup..!!
M: belum kurang…kurang !!!
G: sudah..sudah.. pulang sana !!!
M: belum..belum..berangkat sana !!!
G: pada gila ya semuanya !!!
M: pada waras ya sebagian !!!
G: kenapa sih pada bodoh semuanya !!!
M: kenapa sih pada pinter sebagian..!!
G: oo ngelawan ya !!!!
M: oo ngalah ya..!!!
G: oke pelajaran sudah selesai
M: belum, pelajaran belum dimulai
G: Ayo pada berdiri
M: Ayo pada duduk
G: Rusak..rusakk..semuanya !!!
M: baik..baik…sebagian !!!
G: kalok kayak gini kapan selesainya…
M: kalok kayak gini kapan mulainya…
G: he..anaknya siapa kamu !!!
M: he..bapaknya siapa kamu !!!
G: sudah bubar-bubar…!!!
M: belum kumpul-kumpul…!!!
G: Sudah selesai, sudah…!!!
M: belum mulai, belum…!!!
G: masyaAllah sudah..sudah selesai !!!
M: masyaAllah belum..belum selesai !!!
G: sudah..sudah selesai..!!!
M: belum..belum selesai..!!!
G: ku panggil bapakmu loh…!!!!
M: ku panggil anakmu loh …!!!
G: klo kayak gini kapan selesainya…!!!!
M: klo kayak gini kapan mulainya…!!!!
G: sudah sudah selesai anak..anak !!!
M: belum belum selesai pak guru !!!
G: Arrrrrrrrrrrrrgggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhh

************

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita di atas adalah tentang pentingnya komunikasi yang baik, seharusnya sang guru tidak mengancam muridnya dengan mengatakan “pokoknya apa yang pak guru katakan kamu carikan lawan katanya dan siapa aja yang ga bisa jawab maka nilai bahasa Indonesianya akan mendapat nilai buruk” dengan begitu sang murid pun merasa terancam sehingga tidak mampu berfikir secara baik.

Ingatlah sebaik-baiknya ide bila disampaikan dengan komunikasi yang tidak baik maka ide itu akan terbuang tercuma, dan seburuk-buruknya ide bila di sampaikan dengan komunikasi yang baik maka bisa jadi ide itu akan diterima, jadi intinya ada pada komunikasi.

99


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: